Trik Fotografer ala anak Koz

Assalamu'alaikum sobat blogger... Piye kabare? apik2 wae and wes mangan kan?

Dah sebulan lebih ni blog g' ke update postingannya. Mumpung lagi ada ide dikit buat nulis di jabanin saja lah biar g' lupa.Postingan ini tentang trik jadi Fotografer ala anak koz karena ari masih berstatus anak koz sejati.

Bermodalkan Komputer, printer, kamera dan sedikit sentuhan skill design grafis yuk nyari duit buat jajan dan ngedate bareng adek ayang dan tentu saja yang terutama bantuin orang tua dan naikkan porsi sedekah kita.

Let's Cek this out:
  • Untuk permulaan agar orang tau kita membuka jasa percetakan, kita harus punya kartu nama dulu. Designnya terserah dan seunik mungkin, ingat unik itu bukan harus cantik yang penting maksudnya jelas dan berkesan kalau kita membuka jasa cetak foto, jasa foto wedding, foto wisuda, foto ulang tahun, foto company profil dan lain2nya. Hmm... kalau nyedian jasa foto bugil mungkin laris??? maksudnya binatang piaraan yg bugil... JGN ngeres duluan sobblogger-emoticon.blogspot.com
  • Setelah kartu nama selesai, lanjutin dengan promosiin jasa kita ini. Banyak caranya mulai dari nyebarin brosur yg kita bikin sendiri dengan design sesuka kita, tapi ingat nyebarin brosurnya tertarget bukan seperti brosur-brosur yg disebarin di mall-mall gitu. Misalnya tergetnya tu anak SMP, SMA hingga anak kuliahan umumnya masa itu masa puber dan pastinya di HP mereka tu banyak foto-foto apalagi cewek. Jadi gombalin saja buat nyetak tu foto dari pada kesimpan trus di Hp ntar basi lagi. Cara gombalnya klo bisa jangan seperti keliatan kita jual jasa cetak foto tapi ajak kenalan dulu cewek cakep tu trus keluarin skill gombalnya.
  • Selain nyebarin brosur ke anak SMP, SMA sampe anak kuliahan. Kita bisa juga nyebarin brosur nya ke orang yang mau nikah. Caranya cari aja pasangan yang keliatannya serius dalam hubungan mereka bukan sekedar pacaran cinta monyet trus ajak kenalan setelah itu tanya dah ada rencana tuk nikah belum? kalo udah, ada rencana buat foto pra wedding atau weddingnya?trus lanjutin sediri y sob kalimatnya yang penting maksud kita kesampaian kalo kita nyediain jasa foto pra wedding maupun wedding. TAPI INGAT !!! setelah kenalan tu kita harus selalu follow up biar g' di ambil sama fotografer lain. Ini kan bisnis sob siapa cepat dia dapat.
  • Oy sob ada yang lupa, diatas kan nyebarin brosurnya ke Sekolah-sekolah untuk nyetak foto bagi siswa yang narsis nah untuk sekolahnya kita tawarin jasa cetak pas foto. Biasanya diawal atau akhir tahun siswa banyak disuruh untuk memberikan pas foto ukuran 2x3cm atau 3x4cm. Jadi kita ambil kesempatan ini, caranya temuin saja langsung kepala sekolahnya ajak kerjasama. Mudah-mudahan bisa, mungkin tertarik dengan harga terjangkau yang kita tawarkan.
  • Trus promosiin dengan kirim-kirim salam lewat radio, cara ini ari dapet dari google tapi lupa sumbernya dari mana. Kira-kira kita bilang gini minta bantuan temen " Buat Mas Ari, makasi y dah bantuin nyetak foto saya, hasilnya bagus-bagus mas... oya temen aq ada yang nanya nomor mas, berapa y?" trus lanjutin kita yang nelp dan jawab pertanyaannya...
  • Tidak lupa kita manfaatkan facebook buat promo, kita buat satu lagi yg khusus untuk promosi usaha kita. jadi setiap ada design yang kita buat atau jasa baru yang kita tawarkan silahkan update saja status facebook kita dan tak lupa nomor telp yang bisa dihubungi. Dan yang penting kita add temen sebanyak2nya khususnya yang sekota dengan kita hal ini untuk memudahkan ketemu dengan calon pelanggan kita.
  • Lanjut, kita buat kaos yang designya tentang usaha kita. tidak perlu banyak gambar yang penting ada gambar logo usaha kita dan alamatnya serta sedikit sentuhan kata2 marketing.
  • Terakhir, kita buat website atau blog tentang usaha kita ini. kalau yang ini tidak usah di jelasin ya sob karena sobat pasti sudah tau maksudnya.
Untuk permulaan jangan kasi harga yang tinggi atau terlalu rendah. Kita bisa melihat pesaing studio foto lainnya. Mungkin pelanggan tertarik dengan harga miring tapi kualitas beda tipis.

Yang penting SPIRIT!!!....

Alhamdulillah kelar juga update blognya. cara ini belum pernah ari lakuin karena ari juga baru mau mulai. Supaya tidak lupa ari tulis saja di blog ini. Mudah2n bermanfaat untuk ari sendiri maupun untuk sobat yang ingin menjadi fotografer profesional.

Dimulai dari usaha kecil2n dulu. Insya Allah berhasil dan lanjut ke yang lebih besar lagi.
Do'ain ari ya sob. Makasiblogger-emoticon.blogspot.com

Artikel Menarik Lainnya :

Ditulis oleh AriE ONly - Friday, February 26, 2010 - 12:46 AM

6 komentar untuk "Trik Fotografer ala anak Koz"

  1. menarik jugaa ide kamu sob, tp sayangnya rizky dah g punya kompi apa lagi kamera digital, maua pakai hp hp rizky y cuma hp jadul yg dah d ambang musium

    Renungkan Wahai Sahabat Ku

    ReplyDelete
  2. Assalamualaikum, mas Arie. Akhirnya nongol juga. Kemana saja? Wah, ada postingan tentang fotografi nih. Ak juga suka fotografi, mas. Triknya keren. Terimakasih ya telah dishare di sini.

    ReplyDelete
  3. @Rizky : Pake laptop juga bisa sob, klo hp kita sama2 jadul bin kuno cuma bisa nelp, smsan sama dengerin musik yg maximal nyimpen 6 lagu...he..he..

    @Portal Sulselbar : Sama2 mas

    @Ivan Kavalera : Wa'alaikum salam van, iy lagi g' ada ide buat nulis makanya baru bisa sekarang. Ok, kita sama2 sharing tentang fotografi

    Makasi y dah mampir dan ngasi opini

    ReplyDelete
  4. @Secangkir teh dan sekerat roti : he.he... lebih menarik lagi kenalan sama wanita asik

    ReplyDelete

What is your opinion?