5 Filosofi Pedagang

Hari senin adalah hari dimana oleh sebagian orang membencinya karena hari itu kita memulai aktifitas sehari-hari terlebih bagi pekerja kantoran atau kalimat kerennya "I hate Monday". Hmmm...mudah-mudahan sobat blogger tidak ada yang berfikir demikianblogger-emoticon.blogspot.com.

Nah, kalau bagi pedagang semua hari itu sama, karena mereka bekerja semau mereka, tak peduli itu senin ataupun minggu.

Barusan setelah AriE pulang dinner, ari sempetin baca buku tentang filosofi pedagang, jgn salah baca y kalau pegadang filosofinya lain lagi.

Here we go...

5 Filosofi pedagang

  1. Memberikan nilai yang berarti
Pembeli akan merasa bahagia jika barang yang dibelinya memberikan nilai yang berarti bagi dirinya.

Maksudnya giniblogger-emoticon.blogspot.comdari pengalaman AriE y sobat, waktu AriE beli modem ini ari merasakan penghematan dalam pengeluaran untuk bermain internet biasanya kan kalau kita main di warnet perjamnya tu Rp. 3000,- nah setelah AriE beli modem ini dengan pulsa Rp. 3000,- AriE bisa internetan sehari penuh unlimited dengan kecepatan hampir setara dengan warnet yang biasa AriE main. Jadi kesimpulannya, penjual modem itu mampu untuk memberikan nilai yang besar kepada pembeli atas barang yang ditawarkannya.

2. Membantu orang lain

Penjual jangan hanya sekedar mengejar komisi melainkan memikirkan juga keadaan calon si pembeli.
Jika seseorang datang ke toko Handphone berarti dia mempunyai masalah dengan komunikasi dan tugas sebagai penjual adalah membantu dia untuk memilih produk mana yang cocok buat si pembeli tersebut dilihat dari kebutuhannya dan dari ekonominya.

3. Berusaha melakukan yang TERBAIK terhadap yang saya cintai

Kalau kita telah berfikir matang dan memutuskan bahwa profesi sebagai pedagang itu adalah pilihan hidup, maka berusahalah sekuat tenaga untuk melakukan yang terbaik terhadap profesi ini. Artinya blogger-emoticon.blogspot.comjika kita sudah makan, tidur dan mimpi sebagai penjual maka kita harus melayani calon pembeli dengan ketulusan hati dan senyum yang paling indah seperti ini... blogger-emoticon.blogspot.com"Assalamu'alaikum Pak/Ibu, ada yang bisa saya bantu?"

4. Membina hubungan jangka panjang dengan orang lain

Waktu masa kecil AriE dulu ketika berantem sama teman, AriE memakai strategi hit and run setelah memukul lawan AriE langsung kabur sembunyi dirumah. ha..ha..dasar penakut. Nah..kalau di dunia jual beli, sebagai pedagang yang baik kita dilarang menggunakan strategi Hit and Run, karena pelanggan akan "lari" dari penjual tersebut.

Penjual harus "dekat" dengan si pelanggan dan membina hubungan jangka panjang agar tercipta repeat order dan tidak menutup kemungkinan barang yang kita jual pada si pelanggan akan mendapat rekomendasi darinya untuk teman yang dia kenal. Kan bagus tu kita dapat berpromosi gratis.

5. Merasa senang dan senang setiap hari

Untuk membuat pelanggan bahagia terlebih dahulu kita harus merasa bahagia sebagai penjual. Karena suatu pekerjaan yang dilakukan dengan rasa bahagia akan menghasilkan sesuatu yang positif. Seorang penjual harus lebih sabar, menjadi pendengar yang baik, menyadari akan suara hatinya, serta mampu memahami apa yang dibutuhkan oleh calon pembeli.

So, let's start selling with smile and happy. tapi jangan kebanyakan senyum tanpa alasan ya sobat bisa- bisa disangka pasien RSJ yang kabur lagi blogger-emoticon.blogspot.com

Hmm...gimana sudah mengerti sobat? kalau belum sama kita, AriE juga belum begitu mengerti makanya disudahin nulis updetan blog ini karena AriE mau memahaminya lagi.
Ok, semoga bermanfaat sobat bloggerblogger-emoticon.blogspot.com

Assalamu'alaikum...

Artikel Menarik Lainnya :

Ditulis oleh AriE ONly - Sunday, December 20, 2009 - 8:45 AM

34 komentar untuk "5 Filosofi Pedagang"

  1. Sulit pertamax untuk orang lain, lebih baik pertamax di blog sendiri..he..he..

    ReplyDelete
  2. Mantap nih 5 filosofinya. Tapi kira2 filosofi blogger, gimana ya bro?

    ReplyDelete
  3. ini bisa dipakai juga sebagai filosofi blogger kayaknya ya Arie?

    ReplyDelete
  4. :n: maaf hanya mengamankan posisi ke-empat hehehe

    ReplyDelete
  5. @Ivan kavalera : Hmm..boleh juga filosofi blogger, ntar ari pikir tentang filosifi blogger
    @Kedai Kopi : mungkin bisa sob, pengen nyoba juga buat blogger

    ReplyDelete
  6. assalamualaikum arie, thanks banget buat kunjungannya d blog saya.
    wah surprise nih, dah lama nge-blog bru sekarang ktemu ma blogger medan. saya tinggal d brayan. kalo boleh tau arie d gajah mada d mananya y? deket ma gramedia gajah mada gak?
    salam kenal y...

    ReplyDelete
  7. Walo bukan pedagang,tapi pasti suatu saat pasti ada manfaatnya. Thank u..
    Btw,sudah saya follow juga ^_^

    ReplyDelete
  8. wah mantap nih artikelnya, bermanfaat sekali... thank ya.. :)

    ReplyDelete
  9. thx sob udah sharing,,,
    perlu dicermati nich,,
    mantabh dech buat sobat

    ReplyDelete
  10. yang penting hadir pertama atau bukan
    komen disini mas
    mang betul tuh seorang penjual harus bisa menarik simpati dari para pembeli dan calon pembeli seperti uraian diatas

    mantab salam dari pamekasan madura

    ReplyDelete
  11. dengan warna yang lain menyapa sobat semoga selalu ceria

    pamekasan madura mengucapkan salam dan sukses dengan dkeceriaannya

    ReplyDelete
  12. angguk2.. geleng2.....
    salam kenal kawan....

    ReplyDelete
  13. @All : makasi dah beropini ya...mudah2n bermanfaat..salam kenal

    ReplyDelete
  14. wah keren neh postnya, he4.. :g:

    ReplyDelete
  15. Wezzzzz...mau jadi pengusaha y bro?..ane dukung ente dengan senang hati...:f:

    ReplyDelete
  16. Keren sih sob... tapi sayangnya banyak yang enggak seperti itu malahan kadang2 marah2 ama pembeli .

    ReplyDelete
  17. aslmkum wr.wb
    salam sahabat wah ada tah mas?bagus ya.....bisa di pakai langsung blog ga ya?thnxs n good luck

    ReplyDelete
  18. Hmm.. kalo ditempatku sich.. masih ada yang jualan dibuat ngoceh sana ngocehin sini.. ehehe..alias ngegosip... byiuh... :f:

    ReplyDelete
  19. wah keren sob filosofinya. izin save buat baca2 d rumah

    ReplyDelete
  20. bisa dipraktekkan nih buat jualan link di blog :c:
    nice sharing bro

    ReplyDelete
  21. Assalamualaikum Om Arie. Saya datang lagi nih. kasih dukungan untuk blog ini. Hehe semoga sukses selalu ya .. :e:

    ReplyDelete
  22. free study loan here its free

    ReplyDelete
  23. tepmat iklan bebas ga pelu bayr coyy

    ReplyDelete
  24. filosofinya asyik juga nih, nambah pengetahuan. Memang sebagai penjual harus memberikan service yang memuaskan kepada pembelinya, jangan sampai si pembeli kecewa & usahakan agar si pembeli bisa kembali lagii.

    btw... ada award nih di post Pertanyaan Imam Ghazali pada murid-muridnya, mohon diambil yaaa sebagai rasa persahabatan n perpanjang silaturahim. Trims semoga sukses selalu n tetap semangat

    ReplyDelete
  25. Asslkum...

    @all : terima kasih banyak y untuk opini berharganya
    Salam hangat dari AriE..

    Buat mas Harto, makasi awardnya y...segera AriE posting keblog ini...

    ReplyDelete
  26. menggenapi angka 29 menjadi 30 seaklaian bagikan award buat sahabat jikalau berkenan disini

    ReplyDelete
  27. saya sempat juga ngalamin I hate monday

    ReplyDelete
  28. untung sekarang I love monday

    ReplyDelete
  29. Saya setuju dengan pemikirannnn seorang penjuall manteeeep banget...

    ReplyDelete
  30. sipp..artikel keren..
    :j:

    ReplyDelete

What is your opinion?